Sukses

Ini Tuntutan Massa Aksi 313

FUI mengingatkan Presiden Jokowi segera mencabut Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi 313 yang akan digelar usai salat Jumat pada 31 Maret 2017 besok bertitik kumpul di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Nantinya, peserta aksi akan berjalan kaki hingga Istana Merdeka dan menyampaikan tuntutan mereka.

Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad al Khaththath menyampaikan, aksi 313 akan berupaya mengingatkan Presiden Jokowi agar segera mengambil keputusan untuk mencabut Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Sudah ada Ratu Atut (mantan Gubernur Banten) yang dicopot segera dari jabatannya setelah jadi terdakwa. Itu tuntutan kita," tutur al Khaththath di Masjid Baiturrahman, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2017).

Menurut dia, jika polemik itu dibiarkan begitu saja, maka malah akan berimbas ke daerah lain yang memiliki permasalahan yang sama. Mereka akan ikut-ikutan bertahan dalam posisinya meski telah dijatuhi status sebagai terdakwa dalam suatu kasus.

"Copot terdakwa dari jabatan gubernur. Sebab nanti bakal jadi preseden yang buruk. Nanti ada lagi bupati, gubernur terdakwa yang tidak mau dicopot," jelas dia.

Selain meminta agar Ahok dicopot dari jabatan gubernur DKI Jakarta, al Khaththath juga menyampaikan tuntutan aksi 313 yakni agar calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 itu segera ditangkap dan dipenjara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini