Sukses

DPR Berusaha Cermat Menguji Calon Anggota KPU dan Bawaslu

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini surat kabar nasional cetak maupun online sedang gencar memberitakan tentang pemilihan Anggota KPU dan Bawaslu masa bakti 2017-2022. Pemberitaan media masa ini pun mendapat tanggapan dari Ketua DPR RI Setya Novanto. Setya menjelaskan bahwa tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan publik.

"Berapa hari ini saya banyak mendengar Polemik tentang pemilihan Anggota KPU dan Bawaslu masa bakti 2017-2022 yang sejatinya tidak mengkhawatirkan dan tidak perlu dikhawatirkan," ujar Novanto dalam keterangan persnya Senin (27/3) lalu.

Novanto mengungkapkan, proses yang terjadi di DPR sedang bergulir, proses ini dijalani DPR secara hati-hati. DPR tidak mengharapkan Calon Anggota KPU dan Bawaslu yang terpilih nanti tidak kompeten dalam bertugas. Maka sangat beralasan jika DPR berhati-hati dalam proses ini. DPR berusaha cermat dan hati-hati dalam proses uji kelayakan bagi Calon Anggota KPU dan Bawaslu.

"Apalagi saya mendengar dalam waktu dekat akan diselenggarakan uji kelayakan bagi Calon Anggota KPU dan Bawaslu. Dengan demikian, saya memahami bahwa proses yang terjadi saat ini lebih memperlihatkan dan mengedepankan kehati-hatian dan kejelian atas dinamika politik yang berkembang selama ini," ujar Novanto.

Sebab DPR juga tahu, bahwa saat ini Pansus Revisi UU Penyelenggara Pemilu tengah bergulir. Pansus ini pun adalah bagian dari respons terhadap tuntutan masyarakat yang ingin melihat penyelenggaraan Pemilu berjalan dengan baik dan menjamin hak-hak konstitusional mereka.

Tentu saja Pansus ini harus menyesuaikan diri dengan konteks yang terjadi saat ini, termasuk proses pengangkatan Anggota KPU dan Bawaslu. Semua dipikirkan, semua diperhatikan dan semua menjadi pertimbangan, papar Novanto.

"Saya yakin hasil yang diperoleh nantinya akan lebih baik. Kita akan memiliki anggota-anggota KPU dan Bawaslu yang kredibel, profesional dan berintegritas serta mumpuni dalam merespons dinamika politik di masa yang akan datang," ujar Novanto.

Dia juga menjelaskan, DPR RI khususnya Komisi II yang membidani proses ini, serta Pihak Pemerintah sedang melakukan langkah-langkah yang sesuai dengan target tanpa menyisakan persoalan dan benturan terhadap peraturan dan perundang-undangan.

"Sebagai Ketua DPR RI, saya meyakini semua proses yang mengarah pada peningkatan kinerja kelembagaan Penyelenggara Pemilu serta harapan yang tinggi yang dititipkan kepada mereka (komisioner), saat ini sedang berlangsung," ungkap Novanto.

(*)

Artikel Selanjutnya
PSI Uji Materi Pasal Verifikasi Parpol UU Pemilu
Artikel Selanjutnya
PHOTO: KPU Gelar Uji Publik Tentang Tahapan Pemilu 2019