Sukses

Markas Kodim Purwakarta Bergaya Khas Sunda

Markas Komando Distrik Militer 0619, Jalan KK Singawinata Purwakarta saat ini tampil berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Markas Komando Distrik Militer 0619, Jalan KK Singawinata Purwakarta saat ini tampil berbeda dan memiliki ciri khas identitas bangunan Sunda.

Komandan Distrik Militer 0619 Purwakarta Letkol (Inf) Arie Depria Maulana mengatakan bangunan kantornya tersebut akan menjadi percontohan bagi kantor Kodim lain se-jawa barat. Hal ini tidak terlepas dari perintah Panglima Kodam III Siliwangi Mayjend M Herindra agar mengubah arsitektur kantor Kodim yang berada di wilayahnya dengan gaya arsitektur Sunda.

“Pembangunan ini tindak lanjut dari hasil audiensi dan usulan kepada Pangdam III Siliwangi tempo hari. Markas Kodim Purwakarta menjadi percontohannya,” singkat Arie.

Meski diubah sedemikian rupa, pihaknya mengaku tidak akan menghilangkan ciri khas TNI Angkatan Darat pada bangunan tersebut. Nuansa warna hijau tetap akan menghiasi kantornya itu. Bedanya, menurut dia, nuansa kesundaan akan lebih dominan.

“Khas TNI AD tidak akan kita hilangkan, tetapi tentu dominannya menjadi arsitektur Sunda,” katanya menambahkan.

Selain sebagai kantor, bangunan tersebut pun menurut rencana akan diproyeksikan sebagai Diorama Perjuangan Siliwangi. Dalam diorama yang akan digarap segera setelah bangunan kantor selesai, akan ditampilkan kisah perjuangan Pasukan Divisi Siliwangi dalam Perang Kemerdekaan dan menjaga keutuhan NKRI dari pemberontak.

“Agar generasi muda mengetahui sejarah bangsa kita,” pungkasnya.

Sebelumnya, menindaklanjuti keberadaan “Maung Lucu” di Markas Komando Rayon Militer di Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi beraudiensi dengan Pangdam III Siliwangi di Makodam III, Jalan Aceh Kota Bandung.

Pria yang juga Dewan Penasehat FKPPI Jawa Barat itu mendapat restu dari Pangdam III Siliwangi selain untuk mengganti patung harimau di Kodim dan Koramil di Purwakarta, juga untuk mengubah seluruh kantornya agar memiliki identitas kesundaan.

Powered By:

Kabupaten Purwakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini