Sukses

Pakistan Butuh Tambahan Bantuan

Beberapa kawasan Asia masih dilanda bencana banjir dan longsor. Selain merenggut banyak korban jiwa bencana ini turut menimbulkan malapetaka bagi kehidupan warga di Pakistan, India, dan Cina.

Liputan6.com, Pakistan: Sejumlah warga korban banjir di Pakistan kehilangan tempat tinggal. Mereka terpaksa harus mencari tempat pengungsian sementara. Belum lagi ancaman maut masih terus mengintai mereka. Otoritas setempat melaporkan, Ahad (8/8), bencana banjir dan longsor kembali merenggut 53 korban jiwa di utara Pakistan.
 
Laporan pemerintah menyebutkan total 15 juta warga merasakan dampak bencana. Sementara PBB memperingatkan dibutuhkan dana triliunan rupiah untuk memperbaiki seluruh kerusakan. Program pangan dunia menyebutkan membutuhkan dana sekitar sembilan triliun rupiah untuk menyuplai pasokan pangan bagi empat juta warga selama 3 bulan ke depan. Pemerintah Pakistan telah memohon tambahan bantuan internasional seiring digelarnya evakuasi atas ribuan warga di selatan Pakistan.

Cina juga belum lepas dari bencana. Sedikitnya 127 orang tewas sementara sekitar 2.000 orang dilaporkan hilang akibat bencana longsor yang terjadi kemarin di Provinsi Gannan di wilayah otonomi Tibet. Longsor membuat rumah-rumah penduduk hancur dan jalan berselimut longsoran lumpur tebal. Tebalnya lumpur cukup membuat tim penyelamat kesulitan melakukan evakuasi. Namun sekitar 45 ribu warga dilaporkan berhasil dievakuasi.

Sementara di Kahsmir, India, banyak warga masih menanti evakuasi dan bantuan kemanusiaan. Tercatat sedikitnya 132 orang tewas, 500 lainnya terluka dan 600 orang dinyatakan hilang akibat banjir di India.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini