Sukses

SBY Akan Jadi Tokoh Pertama Penerima Anugerah Prapanca Agung

Anugerah Prapanca Agung merupakan penghargaan tertinggi dari PWI Jatim yang diberikan kepada putra terbaik Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mendapatkan Anugerah Prapanca Agung. Ia juga akan menyampaikan orasi kebangsaan di acara puncak peringatan Hari Pers Nasional yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Rabu 29 Maret 2017.

"Beliau akan menyampaikan orasi dengan topik Demokrasi dan Pers usai menerima Anugerah Prapanca Agung," ujar Ketua PWI Jatim Akhmad Munir di Surabaya, Selasa (28/3/2017).

Anugerah Prapanca Agung merupakan penghargaan tertinggi dari PWI Jatim yang diberikan kepada putra terbaik Indonesia. SBY juga tokoh pertama yang mendapatkan anugerah itu.

Menurut dia, anugerah ini tidak semua orang bisa menerima dan tidak setiap tahun diberikan karena hanya akan diberikan kepada tokoh-tokoh nasional yang benar-benar berprestasi luar biasa dan memiliki kategori sebagai putra terbaik bangsa.

"SBY merupakan orang yang pertama menerima Anugerah Prapanca Agung karena prestasinya dan tidak ada yang meragukan integritasnya sebagai putra terbaik bangsa. Apalagi beliau kelahiran Pacitan, Jawa Timur," kata Akhmad.

Selain itu, PWI Jatim setiap tahun memberikan penghargaan berupa PWI Jatim Award kepada mereka yang dinilai memiliki prestasi terbaik di bidangnya masing-masing. Khusus tahun ini, tokoh nasional yang mendapat penghargaan tersebut adalah pengusaha sukses asal Surabaya sekaligus pemilik Mayapada Group Dato Sri Tahir, serta anggota DPR RI asal Fraksi Partai Golkar Ridwan Hisjam.

"Keduanya juga sudah memastikan hadir. Bahkan, dengan Dato Tahir akan dilakukan penandatanganan kerja sama di bidang pendidikan untuk wartawan," ungkap Akhmad seperti dilansir Antara.

Sejumlah tokoh nasional yang telah menerima penghargaan serupa saat masih menjabat saat itu antara lain Ketua MK Mahfud MD, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kapolri Jenderal Timur Pradopo dan Jenderal Badrodin Haiti dan Menseskab Pramono Anung yang dulunya masih menjabat Wakil Ketua DPR RI.

Sementara itu, PWI Jatim juga memberi apreasiasi dan penghargaan kepada tokoh-tokoh Jatim dari kalangan pemerintah daerah, koorporasi dan perusahaan, tokoh pers dan sosial budaya.

Nama tokoh yang mendapat penghargaan adalah Gubernur Jatim Soekarwo, Kepala Dinas Perhubungan Jatim Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Heru Tjahjono, Kepala SKK Migas Jabanusa Ali Masyhar, Ketua APTRI Arum Sabil, mantan Ketua PITI Bambang Suyanto, CEO Surabaya Pagi Tatang Istiawan, dan wartawan senior Amak Syariffudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini