Sukses

Hujan Es Guyur Jakarta, Begini Penjelasan BMKG

Hujan es melanda beberapa wilayah Jakarta dan Tangerang pada Sabtu sore.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan Tangerang pada Selasa (28/3/2017) sore. Bahkan, terjadi hujan es di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, hujan es kali ini merupakan fenomena alami yang bisa terjadi kapan saja.

"Fenomena hujan es atau hasil merupakan fenomena cuaca alamiah yang biasa terjadi," ujar Kabag Humas BMKG Hary Djatmiko kepada Liputan6.com, Selasa (28/3/2017).

Hary menjelaskan, sebelum hujan es atau hujan lebat biasanya disertai kilat atau petir, serta angin kencang berdurasi singkat. Juga umumnya terjadi pada musim transisi.

"Kejadian hujan lebat atau es disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat lebih banyak terjadi pada masa transisi atau pancaroba musim, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya," Hary menandaskan.

Hujan es mengguyur wilayah di Jakarta Selatan pada Selasa sore, yakni Pejaten dan Terogong. Hujan es juga melanda di Penggilingan, Jakarta Timur dan Serpong, Tangerang, Banten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.