Sukses

Pura Aditya Jaya Rawamangun Gelar Catur Brata Penyepian

I Gusti Made Agung Nugraha mengatakan kegiatan Catur Brata Penyepian sebagai sarana untuk interospeksi diri.

Liputan6.com, Jakarta - Pura Aditya Jaya di Rawamangun, Jakarta Timur, menggelar kegiatan Catur Brata Penyepian. Kegiatan keagamaan ini sebagai rangkaian dari perayaan Hari Raya Nyepi.

Pinandita atau Pemangku Pura Aditya Jaya, I Gusti Made Agung Nugraha mengatakan kegiatan Catur Brata Penyepian sebagai sarana untuk interospeksi diri.

"Sehingga apapun tujuan kita lahir ke dunia, untuk menebus dunia. Sehingga kita bisa kembali ke alam," kata I Gusti Made Agung Nugraha di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (28/3/2017).

Kegiatan Catur Brata Penyepian, kata Made Agung, terdiri dari tiga waktu sembahyang yang dilakukan. Yaitu pada pukul 06.00 WIB, pukul 12.00 WIB, dan pukul 18.00 WIB.

"Tri Sandya tiga waktu sembahyang itu," ucap Made Agung.

Menurut Made Agung, kemudian ada juga kegiatan puasa yang dilakukan umat Hindu pada saat Hari Raya Nyepi. Hal ini sengaja dilakukan untuk mensucikan diri.

"Dimulainya tadi pukul 00.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB besok," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.