Sukses

Besan Mantan Panglima TNI Moeldoko Meninggal

Mantan Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen Toto Rinanto Soedjiman meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia militer Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Mantan Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen Toto Rinanto Soedjiman meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Toto Rinanto yang juga besan dari mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko, menghembuskan nafas terakhir, Minggu malam 26 Maret 2017. Jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan Pirus A6 Perumahan Kemang Pratama Regensi, Bekasi.

"Saya rasa ini bukan hanya kesedihan bagi keluarga besar kami. Ini juga kehilangan yang besar bagi semuanya. Beliau adalah sosok yang sangat baik, tidak hanya secara personal, tapi juga dalam setiap menjalankan tugasnya," terang Moeldoko dalam keterangan tertulis, Senin (27/3/2017).

Moeldoko menyatakan,  Toto merupakan sosok yang getol memerhatikan nasib petani. Putri Toto, Rasyula Andari merupakan istri putra pertama Moeldoko, Randy Bimantoro. Keduanya menikah di Jakarta International Expo PRJ Kemayoran, Jakarta pada 29 November 2014 lalu.

Selama berkarier di dunia militer, almarhum Toto sudah menjabat beberapa posisi penting. Selesai menamatkan Akademi Militer pada 1984, dia menjabat sebagai Danton Yonif-320 Kodam VI Siliwangi pada tahun yang sama.

Setelah itu, beberapa posisi penting di lingkup TNI juga telah diembannya. Di antaranya, Pamen Kodam Jaya (Dik Seskoad) 1996, Danrindam Jaya 2007, Pangdam Tanjungpura 2014 dan terakhir staf khusus Kasad 2016.

Putra mantan Gubernur Kalimantan Barat Mayor Jenderal TNI (Purn) Soedjiman itu juga pernah mengikuti beberapa operasi militer. Di antaranya, Operasi Seroja Timor-Timur, Operasi DOM Irian, Operasi Pengamanan Perbatasan RI-PNG, dan Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia.

Selama berkarier di dunia militer, Toto mendapat beberapa tanda jasa. Diantaranya Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, dan Satya Lencana Dharma Santala.

"Beliau sosok yang layak dijadikan inspirasi. Dedikasi, loyalitas, kerja keras maupun kepribadiannya sangat mengagumkan. Sulit menemukan sosok dengan karakter seperti beliau," tambah Moeldoko.

Menurut rencana, jenazah Toto Rinanto akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Senin siang ini.

"Saya mewakili keluarga meminta maaf kepada semua pihak jika beliau memiliki kesalahan selama hidupnya. Kami juga meminta doa agar almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Allah," kata Moeldoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini