Sukses

Viral Foto Pramuka Makan di Tanah, Ini Respons Adhyaksa Dault

Adhyaksa Dault memastikan, pembina kegiatan tersebut belum mengikuti atau memenuhi kualifikasi pelatih dan pembina Pramuka.

Liputan6.com, Tangerang - Beredarnya foto-foto kegiatan Pramuka yang memerintahkan pesertanya makan bersama hanya beralaskan tanah dan rumput, membuat geram Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault. Dia pun mem-posting tanggapan di akun Instagram pribadinya.

Melalui akun Instagramnya, Adhyaksa mencoba mengklarifikasi melalui dua foto perbandingan. Foto yang 'benar' adalah anggota Pramuka yang makan bersama dengan beralas daun pisang, lauk pauk yang sehat dan beragam serta disediakan air mineral.

Sementara foto yang viral tersebut diberi contoh sebagai sudut foto yang 'salah' dan tak pantas ditiru. Kedua foto perbandingan tersebut diberi klarifikasi dan sikap yang diambil oleh pengurus pusat Pramuka.

Foto yang disebarluaskan di berbagai media sosial ini pun mendapat kritikan dan kecaman. (Liputan6.com/Istimewa)

Tanggapan Adhyaksa Dault direpost atau diulang kembali ke berbagai media sosial, sebagai respons atas foto yang sudah lebih viral terlebih dulu. Berikut posting-an mantan Menteri Pemuda dan Olahraga dalam akun Instagram @adhyaksadault:

Assalamualaikum Wr.Wb. Salam Pramuka.

Pagi ini (25/03/2017) di grup wa, saya menerima foto beberapa Pramuka makan bersama di suatu tempat,  namun nasinya ditaruh di rumput tanpa alas. Saya cek, foto tersebut sudah menyebar di media sosial, dan mendapatkan kritik keras bahkan kecaman dari anggota Gerakan Pramuka.

Saya tegaskan ini bukan bagian dari pendidikan dan pembinaan di Gerakan Pramuka, saya sangat menyayangkan ini. Saya pastikan bahwa pembina kegiatan tersebut belum mengikuti atau memenuhi kualifikasi pelatih dan pembina Pramuka. Sebagai informasi, setiap harinya, ada ribuan kegiatan Gerakan Pramuka dilaksanakan di sekolah-sekolah dan alam terbuka di seluruh Indonesia, dan semua kegiatan Pramuka itu mendidik, menggembirakan, menginspirasi serta menyenangkan, menguatkan persaudaraan anak-anak kita.

Saya sudah berkoordinasi dengan Kak Prof. Dr. Suyatno, M.Pd (Kepala Pusdiklatnas Kwarnas Gerakan Pramuka),  Kak Prof. Dr. Ir. S Budi Prayitno, M.Sc (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Muda), Kak Dr. Susi Yuliati (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Dewasa), dll.

Saya minta agar Panitia kegiatan tersebut ditegur dan diberikan pembinaan. Kejadian ini harus dijadikan pelajaran berharga, dan tidak boleh terulang kembali. Kita akan selesaikan ini dengan sebaik-baiknya. Paling lambat Senin, 27 Maret 2017, masalah ini sudah jelas duduk perkaranya dan selesai. Terima kasih saya haturkan kepada Kakak-Kakak Pramuka dan masyarakat atas masukannya untuk kebaikan dan kemajuan Gerakan Pramuka.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb. Salam Pramuka. Jakarta, 25 Maret 2017. Hormat saya, Kak Adhyaksa Dault (Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini