Sukses

Bertahan Hidup dengan Berburu Ular Berbisa

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk tetap bertahan hidup, bahkan pekerjaan yang berbahaya pun tetap dilakoni, termasuk berburu ular berbisa.

Liputan6.com, Purworejo: Berburu ular, profesi yang satu ini sangatlah jarang peminatnya karena sangat berbahaya, jika belum terbiasa dan mengetahui benar bagaimana caranya. Namun tidak bagi Junaidi, warga Pande Klewih, Kelurahan Purworejo, Purworejo, Jawa Tengah ini memilih pekerjaan sebagai pemburu ular berbisa sebagai salah satu mata pencahariannya.

Bapak dua orang anak ini melakoni profesi menjadi pawang ular sejak tahun 1982, dan kini ia sering menjadi pawang panggilan. Dalam sebulan biasanya Slamet mampu memperoleh sekitar 30 ekor ular, biasanya wilayah pemburuannya pun tidak hanya di Purworejo saja, Slamet juga telah berburu di berbagai hutan daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Belum lama ini Slamet mendapat buruan ular piton berbobot 25 kg dengan panjang sekitar empat meter, yang ditangkapnya dari sebuah gua di Purworejo. Sebelumnya warga sekitar resah karena banyaknya hewan ternak yang hilang dan diduga dimakan oleh ular tersebut. Selain dijual kesejumlah tabib untuk obat alternatif, Slamet juga menjualnya ke para pengrajin kulit ular. Dengan profesi ini Slamet mampu mendapat kocek satu hingga dua juta rupiah.(APY/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini