Sukses

Gangguan Listrik, Pesawat Garuda di Yogyakarta Batal Terbang

Penumpang Garuda yang berjumlah 124 orang itu dialihkan ke penerbangan berikutnya atau dengan maskapai lain dengan tujuan yang sama.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pesawat Garuda GA 203 dengan tujuan Yogyakarta-Soekarno Hatta di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta gagal terbang akibat gangguan kelistrikan. Pesawat tersebut harusnya berangkat pada pukul 07.25 WIB, namun hingga pukul 10.00 WIB belum terbang.

Humas Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Liza Anindya mengatakan, pihak Garuda menyatakan ada gangguan pesawat sehingga tidak bisa terbang pagi hari. Sehingga, penumpang yang berjumlah 124 orang itu dialihkan ke penerbangan berikutnya atau dengan maskapai lain dengan tujuan yang sama.

"Informasi dari pihak manajemen Garuda memang karena ada alasan operasional. Penumpang dialihkan dengan penerbangan lain dari Garuda atau maskapai lain tujuan Soekarno Hatta," kata Liza, Yogyakarta, Kamis (23/3/2017).

Benny S Butarbutar, Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia mengakui jika pesawatnya ada yang gagal terbang. Pesawat gagal terbang karena ada kesalahan sistem dan kelistrikan, sehingga perlu perbaikan yang membutuhkan waktu cukup lama.

"Waktu persiapan menyalakan mesin pesawat ada panel indikator sama di cockpit, yang menunjukan perlunya pemeriksaan ulang baik mesin, elekticity maunpun sistem," ujar dia.

Karena perbaikan itulah, Butarbutar mengatakan, maka pilot memutuskan untuk mengalihkan penerbangan berikutnya dan penumpang diturunkan. Namun, saat ini kondisi pesawat sudah ditangani teknisi dari pihak Garuda Indonesia.

"Sekarang teknisi dan suku cadang sudah tiba di Yogya dari Jakarta," ujar Butarbutar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.