Sukses

Plt Gubernur DKI Resmikan Betawi Store di Monas

Sumarsono menambahkan, Betawi Store ini akan ada di semua wilayah di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono meresmikan Betawi Store di Lenggang Jakarta, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Betawi store ini untuk mempermudah masyarakat ataupun pendatang mencari oleh-oleh khas Betawi.

Menurut Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Betawi strore merupakan salah satu komponen untuk pelestarian budaya Betawi.

"Banyak orang ke Jakarta saat mau cari oleh-oleh yang kultur setempat enggak ada, jadi biasanya mereka hanya cari tugu Monas aja," kata Sumarsono di Jakarta Pusat, Kamis (23/3/2017).

Selain itu, pria yang akrab dipanggil Soni ini menambahkan, store ini akan ada di semua wilayah di Jakarta. Terpenting yaitu pelestarian budaya yang dikoordinasikan oleh Badan Musyawarah Betawi yang bernaung pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, melalui Dinas Pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Pertama memang suvernir tapi nanti lama-lama akan ada kebutuhan lainnya yang bekerjasama dengan Jakarta Mart (Jakmart)," ujar Soni.

Sejalan dengan pernyataan Sumarsono, Ketua Bamus Betawi Zainuddin menyatakan, peresmian ini untuk menawarkan, menyediakan sekaligus memasarkan barang budaya Betawi mulai dari suvernir, ornamen, busana, dan kuliner.

"Semua ini sebagai perwujudan komitmen bersama antara pemerintah daerah, pegiat usaha, dan masyarakat dalam mengimplementasikan pelaksanaan pelestarian budaya Betawi," jelas Zainuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini