Sukses

Fadli Zon Sebut Peluang KPU Diisi Orang Parpol Sangat Kecil

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai peluang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) berasal dari partai politik (parpol), sangat kecil terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai peluang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) berasal dari partai politik (parpol), sangat kecil terjadi.

"Saya masih melihat ini peluangnya kecil untuk kembali ke arah itu," kata dia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Fadli menjelaskan, wacana penambahan jumlah komisioner merupakan salah satu topik yang menjadi sorotan di Komisi II DPR. Sebab, pada Pemilu 2019 mendatang, pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) berbarengan.

Artinya, ia menambahkan, pekerjaan dan ruang lingkup komisioner KPU nantinya akan lebih besar. Atas dasar itulah ada wacana penambahan.

"Kalau 7 orang dianggap terlalu sedikit. Wacananya ditambah bisa 9 bisa 11," ujar dia.

Politikus Partai Gerindra ini juga mengatakan, perwakilan KPU dari orang parpol dalam meminimalisasi terjadi kecurangan belum tentu akan terealisasi.

"Memang perwakilan parpol itu menjamin tidak ada kecurangan karena saling kontrol, tapi belum tentu ini (anggota KPU) bisa menjadi kenyataan," kata Fadli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini