Sukses

Jokowi Sampaikan Dukacita Atas Aksi Teror di Inggris

Jokowi menyampaikan duka cita mendalam kepada pemerintah Inggris, terutama warga yang menjadi korban.

Liputan6.com, Jakarta Aksi teror yang kembali terjadi di Inggris, mendapat perhatian Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia mengutuk keras aksi teror yang terjadi di kota London itu.

"Indonesia mengutuk keras tindakan terorisme, dalam segala bentuk dan dalam segala manifestasinya," ujar Jokowi di Bandara Hang Nadim, Batam, Kamis (23/3/2017).

Peristiwa tersebut, kata Jokowi, menunjukkan perlunya peningkatan kerja sama dalam melawan aksi terorisme dalam bentuk apapun. Dia menyampaikan duka cita yang mendalam kepada pemerintah Inggris, terutama bagi warga yang menjadi korban.

"Indonesia kembali menyerukan kerja sama secara besar-besaran antar-negara dalam hal memerangi terorisme," ujar dia.

Penyerangan beruntun terjadi di jantung pemerintahan Inggris, London, pada Rabu 22 Maret 2017 jelang sore. Seorang pengendara menabrakkan mobilnya ke para pejalan kaki di Jembatan Westminster, London. Aksi keji tersebut menewaskan seorang perempuan dan membuat sejumlah orang lainnya cedera.

Tak berapa lama kemudian, pelaku yang sama berlari ke arah Gedung Parlemen Inggris. Ia menyerang polisi yang berjaga di sana dengan sebuah pisau panjang. Aksi terorisme pria tersebut kemudian dihentikan dengan timah panas anggota kepolisian setempat.

Tembakan yang dilepaskan sekitar pukul 14.40 waktu setempat, menewaskan pelaku yang belum diketahui identitasnya tersebut. Aparat keamanan Inggris menyatakan kejadian itu sebagai insiden terorisme.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.