Sukses

Melinda Gates Sampaikan Ceramah soal Reproduksi ke Remaja

Istri Bill Gates ini membandingkan pengalaman program KB di Amerika Serikat dengan Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Melinda Gates, istri pendiri Microsoft Bill Gates menjadi salah satu pembicara dalam Temu  Nasional Remaja Indonesia di Yogyakarta

Acara yang digelar untuk pertama kalinya di Indonesia itu diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Johns Hopkins.

Pada kesempatan itu, Melinda ditanya oleh salah satu peserta diskusi tentang alat kontrasepsi untuk remaja. Ia berpendapat, remaja tidak hanya harus tahu soal alat kontrasepsi, melainkan keseluruhan dinamika reproduksi dan seksualitas.

"Harus tahu secara keseluruhan," ucap Melinda, Rabu (22/3/2017).

Dia juga membandingkan pengalaman program Keluarga Berencana (KB) di negara asalnya Amerika Serikat dengan Indonesia.

Melinda Gates di Yogyakarta (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Menurut Melinda Gates, akses informasi keluarga berencana, termasuk alat kontrasepsi, di Indonesia lebih mudah diperoleh. Sementara, di Amerika Serikat, orang harus mendatangi dan berkonsultasi secara khusus dengan dokter untuk memperoleh informasi seputar keluarga berencana.

Melinda juga menyebutkan, alat kontrasepsi KB spiral atau sering juga disebut intrauterine device (IUD) tidak populer di negaranya. "Sangat sedikit yang mengakses IUD," kata dia.

Dia mengatakan, untuk mengembangkan program KB, harus bekerja sama dengan pemerintah dan melibatkan banyak sektor. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.