Sukses

Wapres Boediono Terima Menlu Korut

Dalam pertemuan antara Wapres Boediono dan Menlu Korut Pak Ui Chun, disinggung pula masalah ketegangan di semenanjung Korea. Korut bersedia menyelesaikan ketegangan.

Liputan6.com, Jakarta: Wakil Presiden Boediono menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Korea Utara Pak Ui Chun di Jakarta, Rabu (4/8). Dalam kesempatan itu Chun juga menyampaikan beberapa hal terkait ketegangan di semenanjung Korea yang kembali menghangat.

Seperti disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Korut sepakat menyelesaikan ketegangan di semenanjung Korea secara damai dengan kembali ke meja perundingan enam pihak atau "six party talks". Namun syaratnya, negara-negara yang terlibat, utamanya Korea Selatan dan Amerika Serikat memegang prinsip kesetaraan.

Pyongyang mensyaratkan, penghormatan kesetaraan terhadap Korut sebagai negara yang berdaulat oleh semua pihak terutama Korea Selatan dan AS. Perundingan enam pihak berlangsung berkala sejak Agustus 2003 dengan melibatkan enam negara yakni Indonesia, Korsel, Korut, AS, Cina, dan Rusia. Namun, perundingan terhenti dalam beberapa tahun terakhir karena ketegangan yang terjadi di semenanjung Korea.

Insiden terakhir adalah tenggelamnya kapal yang menewaskan 46 pelaut Korsel. Pyongyang menyangkal, terlibat dalam bentuk apapun dengan tenggelamnya kapal Korsel itu [baca: Korut Kembali Ancam Gunakan Nuklirnya].

Terkait peran Indonesia, Marty mengatakan, akan terus mengupayakan penyelesaian semenanjung Korea melalui forum perundingan enam pihak.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini