Sukses

Kini Register Perkara Anak Bersifat Rahasia

Presiden Jokowi telah membuat peraturan pemerintah terkait pedoman perkara anak.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pedoman Register Perkara Anak dan Korban pada 13 Maret 2017.

Peraturan Pemerintah ini, merupakan pelaksanaan Pasal 25 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Menurut PP ini, anak yang berkonflik dengan hukum yang selanjutnya disebut anak adalah yang telah berumur 12 tahun, tetapi belum berumur 18 tahun yang diduga melakukan tindak pidana.

Sedangkan Anak yang menjadi Korban Tindak Pidana yang selanjutnya disebut Anak Korban adalah anak yang belum berumur 18 tahun yang mengalami penderitaan fisik, mental, dan kerugian ekonomi yang disebabkan oleh tindak pidana.

Dalam PP itu disebutkan, setiap data dalam penanganan perkara anak dan anak korban dilakukan pengregistrasian oleh lembaga yang menangani perkara Anak.

"Register Perkara Anak dan Anak Korban wajib dibuat secara terpisah dari perkara orang dewasa," bunyi Pasal 3 ayat 1 PP ini seperti dikutip dari laman Sekretaris Kabinet.

Selain itu, menurut PP ini, register perkara anak dibuat terpisah dengan register perkara anak korban, dan dilakukan secara elektronik atau nonelektronik.

Ditegaskan dalam PP ini, data dalam register perkara anak dan anak korban bersifat rahasia, dan petugas yang ditunjuk pada lembaga yang menangani perkara anak wajib melindungi kerahasiaan data dalam register perkara anak dan anak korban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk kepentingan pelindungan anak dalam penegakan hukum, menurut PP ini, data sebagaimana dimaksud dapat diperoleh berdasarkan permohonan kepada pimpinan lembaga yang menangani perkara Anak.

"Permohonan sebagaimana dimaksud paling sedikit memuat: a. identitas pemohon; b. alasan kepentingan memperoleh data dalam Register Perkara Anak dan Anak Korban; dan c. data yang dimohonkan," bunyi Pasal 17 ayat 2 PP ini.

Pada ayat selanjutnya disebutkan, alasan kepentingan sebagaimana dimaksud ditujukan untuk kepentingan pelindungan anak dalam penegakan hukum.

"Pemohon yang telah dikabulkan permohonannya wajib menjamin kerahasiaan data dalam register perkara anak dan anak korban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," bunyi Pasal 19 PP ini.

Pada saat Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku, Registrasi Perkara Anak dan Anak Korban yang sedang dilaksanakan oleh lembaga yang menangani perkara anak dalam buku register yang ada harus disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah ini paling lama 1 (satu) tahun terhitung sejak tanggal Peraturan Pemerintah ini diundangkan.

"Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi Pasal 21 Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2017, yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly pada 16 Maret 2017 itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini