Sukses

Istana: 1 Mobil Dinas Jokowi Dipinjamkan ke SBY

Total mobil kepresidenan seharusnya berjumlah delapan mobil, tetapi karena satu dipinjam SBY, maka yang beroperasi hanya tujuh unit.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dinas Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah menjadi sorotan. Mobil yang diklaim paling aman dan canggih ini sudah empat kali mengalami mogok.

Rupanya, satu mobil dinas kepresidenan dipinjamkan ke Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Mobil itu dipinjam sejak serah terima jabatan Presiden 2014 silam.

"Mobil kepresidenan yang operasional ada delapan. Satu dipinjamkan kepada Presiden terdahulu," ujar Kepala Sekretariat Presiden Djarmansjah Djumala saat ditanya mengenai kebenaran peminjaman salah satu mobil dinas presiden oleh SBY, Selasa (21/3/2017).

Djumala menjelaskan, kendaraan operasional baik untuk presiden dan wakil presiden jumlahnya delapan unit. Hanya saja, karena SBY meminjam satu mobil kepresidenan sehingga mobil yang siap beroperasi tinggal tujuh unit.

Mogoknya mobil kepresidenan Jokowi mencuat saat kunjungan kerja ke Kalimantan Barat. Saat itu, Mercedes Benz S600 Pullman Guard tersebut tiba-tiba berhenti di kawasan Mempawah menuju Pontianak.

Ternyata, mogoknya mobil Presiden Jokowi bukan yang pertama. Sebelumnya, mobil kepresiden juga sempat mogok di Banjarnegara, Ponorogo, dan Magetan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini