Sukses

Pertanyaan Unik untuk Jokowi, dari Toleransi Hingga Kartun Naruto

Seorang anak tunarungu sempat mempertanyakan soal pertukaran pelajar bagi kaum disabilitas kepada Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilakan warga untuk mengajukan berbagai pertanyaan kepada dirinya. Hal ini direspon cepat oleh warga dengan berbagai cara, tak terkecuali pertanyaan yang unik dan tak biasa.

Program ini dinamai #JokowiMenjawab. Warga bisa mengirim pertanyaan dalam bentuk video berdurasi 30 detik. Video kemudian diunggah di situs berbagi video YouTube.

Program ini dibuka mulai 18 Februari hingga 25 Februari 2017. Video yang terpilih, pertanyaan itu akan dijawab oleh Jokowi.

Respons warga untuk bertanya rupanya cukup besar. Sedikitnya ada 425 video berisi pertanyaan untuk Jokowi yang diunggah warga. Beberapa di antaranya disatukan dalam sebuah video berdurasi 1 menit 15 detik yang diunggah Jokowi di akun Facebook resminya.

"425 video berisi pertanyaan untuk #JokowiMenjawab sudah terkumpul dari seluruh penjuru negeri.

Banyak pertanyaan luar biasa inspiratif dan menghibur. Senang sekali melihat keberanian dam kreativitas mereka," tulis Jokowi di beranda akun Facebooknya.

Beberapa video dipilih Jokowi sebagai highlight program #JokowiMenjawab. Seorang tunarugu sempat mempertanyakan soal pertukaran pelajar bagi kaum disabilitas.

"Kapan membangun program pertukaran pelajar bagi orang yang tunarungu, tuli, dan bisu?" Kata wanita itu.

Video lainnya menampilkan seorang remaja berkacamata yang jenaka. Dia menunjukkan kesalahan dirinya mengenakan kaos polo sebelum bertanya. Dan dalam sekejap bisa berganti menjadi batik putih.

Pertanyaan ketiga muncul dari seorang pria berbatik putih coklat. Dia bertanya terkait upaya pemerintah menjaga tolerensi dan menahan provokasi. "Apa program pemerintah yang menurut bapak paling efektif untuk menciptakan masyarakat toleran dan tak mudah terprovokasi," kata dia.

Sebagai penutup video, seorang bocah berbanama Yadian (14) asal Kalimantan Timur menanyakan terkait prediksi jalan cerita kartun Naruto. "Siapakah yang menjadi Hokage ke-8 dalam Anime Naruto?" tanya Yadian.

Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas banyak pertanyaan yang disampaikan kepadanya. Dia berjanji akan menjawab dalam waktu dekat.

"Terima kasih untuk semua yang sudah berpartisipasi. Dalam waktu dekat saya akan menjawab video-video terpilih," Jokowi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi