Sukses

Pesan Persaudaraan Plt Gubernur DKI di Perayaan Cap Go Meh

Dalam kehidupan warga Jakarta yang heterogen, rasa persaudaraan dan persatuan merupakan hal penting yang perlu terus dipupuk.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, berharap perayaan Cap Go Meh yang digelar di JIExpo, Gedung Hall D, Kemayoran, Minggu, 19 Maret 2017 malam, bisa menjadi momen untuk mempererat persatuan dan persaudaraan.

Sumarsono mengatakan, dalam kehidupan warga Jakarta yang heterogen, rasa persaudaraan dan persatuan merupakan hal penting yang perlu terus dipupuk.

"Untuk itu kita harus tetap kompak dengan tetap menjalin kebersamaan dan persaudaraan yang harus terus dipupuk. Sebab, dengan kebersaman kita akan lebih ringan dan mudah," ucap Sumarsono seperti dikutip dari beritajakarta, Senin (20/3/2017).

Sementara itu, di tempat yang sama, Menko Polhukam Wiranto menyampaikan tiga pesan bagi warga etnis Tionghoa agar ikut membangun semangat toleransi dan solidaritas di tengah-tengah masyarakat.

"Pertama, kita harus merasa memiliki negeri ini. Kedua, masyarakat harus wajib membela negeri ini, bukan hanya membela negara, tapi membela masyarakat, teman-teman, kaum fakir miskin dan duafa. Kemudian ketiga, harus mampu selalu mengintrospeksi diri seberapa besar sumbangan yang telah diberikan pada negeri ini," ucap mantan Panglima ABRI itu.

Menurut dia, bila tiga hal itu ditanamkan dalam diri warga, maka benih perpecahan tidak akan muncul di negeri ini.

"Kalau tiga hal ini dapat dilaksanakan, maka Cap Go Meh ini merupakan kebangkitan kita sebagai bangsa utamanya masyarakat Tionghoa untuk membangun kebersamaan, membangun toleransi, dan memberikan sumbangsih untuk mengatasi kesenjangan," kata Wiranto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cap Go Meh adalah akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek yang dilakukan tiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Tionghoa.

    Cap Go Meh