Sukses

Jadi Lokasi Wisata Religi, Makam Mbah Priok Makin Ramai Didatangi

Liputan6.com, Jakarta - Makam Mbah Priok kini makin dikenal warga DKI Jakarta. Bahkan, di hari libur makin banyak saja yang datang ke lokasi Makam Mbah Priok di Jakarta Utara. Tak terkecuali Minggu ini (19/3/2017).

Fanny (18), warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mengaku baru pertama kali berziarah ke Makam Mbah Priok. Dia terkesan karena ternyata di Jakarta ada makam tokoh ulama besar yang bisa dikunjungi untuk wisata religi.

Karena itu, dia menilai sangat penting bagi pemerintah membangun dan menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai Makam Mbah Priok ini.

"Kalau di kalangan anak muda menurut saya memang kurang banyak yang tahu. Makanya, saya sangat mendukung kalau Pak Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta menjadikan Makam Mbah Priok ini sebagai cagar budaya, salah satu pusat wisata religi," kata Fanny di area Makam Mbah Priok, Jakarta Utara.

Fanny sendiri datang bersama puluhan temannya dari Kebayoran Baru. Mereka tertarik ziarah ke Makam Mbah Priok setelah Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mempromosikannya sebagai cagar budaya.

"Kan banyak di berita kalau Pak Ahok mau bangun Makam Mbah Priok biar bagus," ujar dia.

Bagi Fanny, saat ini kondisi Makam Mbah Priok memang belum maksimal terutama tempat wudu dan parkir. Menurut dia, jika nantinya dibangun menjadi lebih nyaman dan lebih memadai untuk ibadah, maka tentu masyarakat akan semakin banyak yang datang berziarah.

"Menurut saya tidak melihat dari mana ya, kalau tujuan dan kebijakannya bagus maka harusnya didukung. Sekarang membenahi Makam Mbah Priok sebagai cagar budaya itu kan sangat bagus," jelas Fanny.

Makam Mbah Priok memang terlihat semakin ramai dikunjungi warga untuk melakukan wisata religi. Terutama, setelah ditetapkannya Makam Mbah Priok sebagai cagar budaya. Penetapan itu disahkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada Sabtu 4 Maret 2017 lalu.

Ketika itu, Ahok juga datang ke Makam Mbah Priok dan menyerahkan Surat Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta tentang cagar budaya Makam Mbah Priok kepada salah satu keturunan Mbah Priok, Habib Abdullah Sting.

Artikel Selanjutnya
Makam Mbah Priok dan Cagar Budaya Baru di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Begini Rancangan Masjid Apung Mbah Priok yang Akan Dibangun Ahok