Sukses

Jokowi: Jangan karena Tidak Bayar, Warga Tidak Dilayani

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan sosial nontunai di Mempawah, Kalimantan Barat. Momen ini juga digunakan Jokowi untuk mengingatkan para pegawai agar melayani warga dengan baik.

Jokowi mengatakan, warga harus berperan aktif dalam mengawasi berbagai program bantuan sosial non-tunai ini, termasuk program Kartu Indonesia Sehat (KIS). Meski warga berobat secara gratis, pelayanan yang diberikan tetap harus berkualitas.

"Kalau pelayanan di rumah sakit tidak baik, laporkan ke Pak Bupati, Pak Gubernur, ke Ibu Menkes. Jangan mentang-mentang masyarakat tidak bayar terus tidak dilayani dengan baik, awas!" ujar Jokowi di Pantai Kijing, Sungai Kunyit, Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3/2017).

Bantuan sosial non tunai yang diberikan berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Jokowi mengingatkan agar semua bantuan digunakan sesuai dengan peruntukannya.

"Dipakai hanya untuk keperluan pendidikan, sekolah, beli buku, beli sepatu, beli tas, beli seragam sekolah, untuk bayar sesuatu yang berhubungan dengan sekolah," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Para ibu hamil dan balita juga diingatkan Jokowi untuk tetap menjaga kesehatan. Gizi dan nutrisi ibu hamil, bayi, maupun anak-anak juga harus benar-benar diperhatikan.

"Ibu hamil harus makan bergizi supaya anak kita pintar, cerdas, pandai. Kita ingin ke depan bangsa kita kuat karena anak kita pandai bisa bersaing dengan negara lain," kata Jokowi.

Sebanyak 500 pelajar dari tingkatan SD hingga SMA/SMK dari sembilan kecamatan yang tersebar di Kabupaten Mempawah menerima langsung bantuan KIP dari pemerintah.

Tak hanya itu, 450 ibu hamil dan balita juga mendapatkan, roti dan biskuit kaya gizi. Keluarga yang dipandang sangat memerlukan bantuan dan perlindungan sosial juga diberikan kartu yang berisi saldo sebesar Rp 2 juta yang dapat diambil setiap tiga bulan.

Kartu tersebut diberikan kepada 150 keluarga dari tiga kecamatan di Kabupaten Mempawah. Tak lupa sejumlah sepeda diberikan kepada masyarakat yang yang berhasil menjawab pertanyaan dari Jokowi.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Jangan Sampai Program Kita Diklaim Orang Lain
Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit