Sukses

Sungai Cisadane Meluap, 4 Rumah di Bogor Terendam

Sejumlah rumah di kampung tersebut memang berada tepat di bibir sungai, sehingga rawan banjir saat Sungai Cisadane meluap.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang terjadi pada Jumat (17/3/2017) sore, menyebabkan aliran Sungai Cisadane meluap. Akibatnya, rumah warga terendam banjir setinggi 1 meter.

Banjir mulai menggenangi rumah warga Kampung Batakal RT 01/07, Kelurahan Batu Tulis, Kecamata Bogor Selatan, Kota Bogor sejak pukul 17.00 WIB.

"Ada 4 rumah yang terendam banjir akibat intensitas hujan deras di hulu sungai," kata Susanto, anggota Tagana Kota Bogor.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun pemilik rumah terpaksa diungsikan. Sejumlah peralatan rumah tangga seperti kasur, lemari, dan peralatan memasak terendam banjir.

"Banjir mulai surut sekitar 40 menit kemudian," ujar dia.

Sejumlah rumah di kampung tersebut memang berada tepat di bibir sungai, sehingga rawan banjir saat Sungai Cisadane meluap.

"Beruntung sekitar 20 menit kemudian air sungai surut jadi banjir engga sampai meluas," ucapnya.

Sementara itu, akibat hujan deras di wilayah Puncak Bogor, menyebabkan debit air di Bendung Katulampa naik mencapai 110 cm atau siaga 3 banjir Jakarta.

Tinggi muka air naik pada pukul 17.35 WIB dan masih bertahan hingga pukul 18.30 WIB.

"Pukul 16.25 WIB debit (Sungai Cisadane) masih normal yaitu hanya 40 cm, dan naik drastis pada pukul 17.35 WIB," kata Kepala Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini