Sukses

Temui Wapres JK, Wamenlu Lapor Bantuan untuk Muslim Rohingya

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Abdurrahman Mohammad Fachir bersama para lembaga kemanusiaan lain menemui Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla untuk melaporkan bantuan untuk muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar.

"Menyampaikan laporan ke Pak Wapres terkait dengan kemajuan untuk memberikan bantuan kepada Myanmar," kata Fachrir, di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Menurut dia, salah satu bantuan yang dilaporkan, adalah pembuatan rumah sakit di Rakhine State. Hal ini, lanjutnya, sebagai salah satu bentuk pendekatan dengan Myanmar terkait muslim Rohingya.

"Di sini adalah tempat di mana banyak sekali Internal Displaced Person (pengungsi). Tapi ada di situ ada masyarakat Myanmar. Itu pun lokasi di dua komunitas, termasuk lokasi yang terakhir di situ ada 2.000 yang kita layani baik dari muslim maupun budhis," ucap Fachrir.

Selain sekolah, menurutnya, nanti juga akan dibuat program untuk community development, berupa pendidikan, kesehatan, dan pembangunan ekonomi sehari-hari.

Ia tak menampik hal tersebut merupakan bagian dari soft diplomatik Indonesia dan sebagai solusi membantu permasalahan atau konflik di Myanmar.

"Jelas dari awal (membantu), kita lagi-lagi ingin mencari solusi, di mana semua dilibatkan dan mulai pendekatan kemanusiaan (muslim Rohingya)," pungkas Fachrir.

Artikel Selanjutnya
JK Siap Bawa Masalah Rohingya ke KTT OKI dan Sidang Umum PBB