Sukses

Mantan Mendikbud M Nuh Ziarah ke Makam Hasyim Muzadi

Liputan6.com, Depok - Mantan Mendikbud M Nuh berziarah ke makam KH Hasyim Muzadi. Dia mengatakan mantan Ketua Umum PBNU itu adalah sosok yang mengorangkan insan lainnya.

M Nuh datang pada Jumat (17/3/2017) pukul 15.20 WIB. Dia didampingi sejumlah orang di makam. Sesampainya di tempat peristirahatan terakhir KH Hasyim Muzadi, dia langsung berdoa sejenak dan menyiramkan air bunga ke liang lahat almarhum.

Dia mengatakan tidak sempat datang pada saat pemakaman berlangsung karena tengah berada di luar kota.

"Malam nyampe. Alhamdulilah hari ini saya bisa takziah. Saya datang sendiri, barusan parkir di UI," kata M Nuh, Jumat.

M Nuh mengenal Hasyim Muzadi sejak menjadi rektor di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Jawa Timur. Menurut dia, Hasyim Muzadi menilai semua manusia sama di hadapan Allah SWT, yang membedakan hanyalah ketakwaannya.

"Itulah landasan yang almarhum pakai, sehingga komunikasinya dengan siapa pun, beliau dapat diterima dengan baik, karena menempatkan dirinya sebagai podo menungsone (sama-sama manusia)," ucap M Nuh.

Dia mengatakan, anggota Dewan Pertimbangan Presiden tersebut sosok yang hebat, serta memiliki rasa kepeduliannya yang besar terhadap NKRI.

"Beliau peduli terhadap Islam moderat sebagai jangkar masyarakat Indonesia. Beliau peduli terhadap perdamaian dunia," kata M Nuh.

Usai berziarah ke makam Hasyim Muzadi, M Nuh langsung menuju ke rumah duka. Sekitar pukul 15.39 WIB dia meninggalkan lokasi Pesantren Al-Hikam II Depok.

Artikel Selanjutnya
Megawati Pilih Gus Ipul untuk Diusung di Pilkada Jatim
Artikel Selanjutnya
Hasto: PDIP Usung Kader NU di Pilkada Jatim