Sukses

Imigrasi Medan Cegah 13 TKI Ilegal Tanpa Bekal

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Imigrasi di bandara Kualanamu Medan, Sumatera Barat, mencegah 13 wanita yang mencoba terbang ke luar negeri. Mereka pergi tanpa memiliki uang sama sekali di kantongnya.

"Setelah dilakukan inspeksi oleh petugas imigrasi, ternyata 13 perempuan tersebut akan menjadi TKI nonprosedural di Timur Tengah," ujar Kabag Humas dan Umum Direktorat Jenderal [Imigrasi](Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, "") Kementerian Hukum dan HAM, Agung Sampurno dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Selain itu, tambah dia, para WNI tersebut tidak memiliki rekomendasi dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja (BNP2TKI). Mereka juga tidak mengetahui negara tujuan dan juga jenis visa yang dimiliki meski tertera di dalam paspor.

"Saat ini mereka ditampung sementara di Kantor Imigrasi Medan karena tidak punya uang sama sekali baik untuk makan apalagi kembali ke daerah masing-masing," ungkap Agung Sampurno.

Mereka berasal dari daerah yang berbed-beda seperti Karawang, Cianjur, Pamekasan, NTB dan Sulawesi. Rencananya mereka akan menempuh jalur Singapura-Oman-Doha berangkat menggunakan Silk Air MI 247 keberangkatan pukul 19.30

"Mereka tidak mengerti tentang jalur yang akan ditempuh dan siapa yang akan menjemputnya," ujar Kabag Humas dan Umum Dirjen [Imigrasi](Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, "") Kemenkum HAM Agung Sampurno.

Artikel Selanjutnya
Cegah TKI Non-Prosedural, Imigrasi Tolak Penerbitan 1.789 Paspor
Artikel Selanjutnya
Banyak TKI Bekerja di Arab Saudi Gunakan Paspor Umrah