Sukses

JK: KH Hasyim Muzadi Tokoh Nasional yang Patut Diteladani

JK mengimbau rakyat Indonesia agar mendoakan KH Hasyim Muzadi.

Liputan6.com, Depok - Ribuan warga dan tokoh nasional mengantarkan KH Hasyim Muzadi ke tempat peristirahatan terakhirnya di areal Pesantren Al Hikam Depok, Jalan H Amat, Kecamatan Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat. Jenazah Hasyim Muzadi dimakamkan di samping Sekolah Tinggi Qulyatul Quran menggunakan upacara militer.

Upacara dipimpin Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Jusuf Kalla mengatakan kepergian Hasyim Muzadi meninggalkan duka mendalam bagi bangsa Indonesia. Almarhum merupakan salah satu putra terbaik bangsa.

"Saya selaku inskpektur upacara mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," kata JK.

JK mengaku mengenal Hasyim Muzadi sebagai pribadi yang memegang teguh prinsip perjuangan, setia kepada negara, dan bekerja keras dalam mengemban tugas negara. Selain itu, Hasyim adalah tokoh nasional yang patut diteladani pengabdiannya terhadap bangsa dan negara.

"Kami menyadari bahwa almarhum semasa hidupnya tidak lepas dari kesalahan. Kita doakan almarhum dan maafkan kesalahannya," ucap JK.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, ribuan warga tumpah ruah di areal pemakaman. Bahkan, para pelayat berebut memegang keranda jenazah. Keranda jenazah dibawa dengan berselimutkan bendera merah putih. Setelah disalatkan, jenazah langsung dikebumikan dengan upacara militer.

Sebelumnya, komandan upacara membacakan riwayat kehidupan dan jasa-jasa yang telah dicapai Hasyim Muzadi saat hidup. Hasyim Muzadi meninggal sekitar pukul 06.13 WIB di rumah sakit Malang. Diketahui jika Hasyim menderita sakit komplikasi sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.