Sukses

Deretan Barang Mewah Hadiah Raja Salman yang Dilaporkan ke KPK

Dari pulpen hingga jam tangan, hadiah dari Raja Salman, diserahkan lembaga negara kepada KPK.

Liputan6.com, Jakarta -- Direktorat Gratifikasi mendatangi Gedung Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK). Kedatangan ini untuk melaporkan barang-barang mewah yang diberikan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud kepada lembaga penyelenggara negara Indonesia.

Adapun deretan barang-barang mewah tersebut seperti jam tangan Rolex, pulpen, tasbih, cincin, hingga pedang.

"Ada beberapa barang item yang cukup menarik. Kita apresiasi mereka yang lapor," ujar Direktorat Gratifikasi Giri Supradiono di Gedung KPK Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2017).

Giri pun mengimbau kepada lembaga penyelenggara negara ataupun pribadi yang mendapat barang-barang mewah pemberian Raja Salman untuk melapor kepada KPK. Sebab, kata Giri, apabila tidak dilaporkan dapat berisiko terjerat pidana suap.

"Kami imbau yang terima barang (pemberian Raja Salman) relatif murah laporkan kepada KPK karena ada risiko pidana. Kalau dalam 30 hari enggak dilaporkan akan kami anggap terima suap," kata dia.

Giri juga menuturkan pelaporan gratifikasi barang-barang mewah hadiah Raja Salman ini dilaporkan oleh menteri, Kapolri, dan Kepala Daerah.

"Pelaporan gratifikasi periode 7 sampai 15 Maret dilaporkan oleh 3 menteri, Kapolri, dan 1 Kepala Daerah," tandas Giri.

Berikut deretan barang mewah yang dari pemerintah Arab Saudi:

1 (satu) buah pedang berwarna keemasan
1 (satu) buah pedang berwarna keemasan
1 (satu) buah belati1 (satu) set aksesoris yang terdiri dari:
1 (satu) buah jam tangan rolex sky dweller
1 (satu) buah jam meja rolex desk clock 8235
1 (satu) pasang manset emas merk chopard
1 (satu) buah ballpoint emas merk chopard
1 (satu) buah tasbih1 (satu) set aksesories yang terdiri:
1 (satu) buah jam tangan mouawad grande ellips
1 (satu) buah cincin emas 18 karat bertahtakan bertahta 1 (satu) buah princess cut diamond 3.120 cts dan 16 (enam belas) buah white diamonds 1.395 cts (mouawad certificate of authenticity)
1 (satu) pasang manset bertahtakan 1 (satu) princess cut diamond 2.130cts, 1 (satu) rectangle cut diamond 2.140cts, dan 32 (tiga puluh dua) white diamonds 2.563cts
1 (satu) buah ballpoint merk mouawad
1 (satu) buah tasbih berwarna hitam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini