Sukses

Kenangan Wakil Wali Kota Malang Bersama Hasyim Muzadi

Hasyim Muzadi memberi pesan agar TNI, Polri, dan ulama bisa bersatu untuk bangsa.

Liputan6.com, Malang - Wakil Wali Kota Malang, Jawa Timur, Sutiaji, menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya KH Hasyim Muzadi. Sutiaji masih mengingat pesan yang disampaikan almarhum saat jatuh sakit dan dirawat di rumah sakit.

"Beliau berpesan bahwa Indonesia akan selamat ketika TNI, Polri, serta ulama bersatu padu untuk bangsa ini," ujar Sutiaji di rumah duka di Malang, Kamis (16/3/2017).

Hasyim Muzadi, lanjut Sutiaji, juga sempat mengharapkan agar para kiai selalu disowani dan diajak berdoa bersama untuk mempererat bangsa. Sutiaji terakhir menjenguk Hasyim Muzadi saat dirawat di RS Lavalette Kota Malang awal Januari lalu.

Kota Malang pada khususnya dan Indonesia pada umumnya kehilangan sosok yang turut menjaga kerukunan antarumat beragama.

Sutiaji mengaku saat masih muda dan masih aktif di Nahdlatul Ulama Kota Malang, memiliki pengalaman bersama Hasyim Muzadi. Ia pernah jatuh berdua saat berboncengan motor dengan Mantan Ketua Umum PBNU tersebut.

"Dulu saya dan almarhum pernah jatuh dari sepeda motor di jalan tanjakan. Saya sering berboncengan dengan beliau," kenang Sutiaji.

Hingga kini, para ulama dan masyarakat terus berdatang di rumah duka di Ponpes Al-Hikam Malang. Selain membaca tahlil, mereka juga melakukan salat gaib di masjid dalam kompleks pesantren.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.