Sukses

Konsep Umat Islam dalam Bernegara di Mata Hasyim Muzadi

Hasyim Muzadi mengatakan umat Islam Indonesia jangan menempatkan diri sebagai wisatawan di negeri sendiri.

Liputan6.com, Depok - Masih tertanam betul di benak Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa konsep-konsep sederhana terkait hubungan antara agama dan negara yang pernah disampaikan KH Hasyim Muzadi. Khofifah bahkan mengaku belum selesai menimba ilmu dari sesepuh Nahdlatul Ulama itu.

"Saya merasa belum selesai belajar," ujar Khofifah sambil haru di Depok, Kamis (16/3/2017).

Khofifah menyampaikan konsep Islam dalam bernegara yang diajarkan Hasyim Muzadi dituangkan secara sederhana, sehingga mudah dipahami. Hasyim Muzadi, lanjut Khofifah, pernah mengatakan bahwa umat Islam seharusnya turut bertanggung jawab terhadap negara.

Untuk itu, umat Islam Indonesia jangan menempatkan dirinya sebagai wisatawan. Dengan begitu, umat Islam Indonesia bisa melakukan sesuatu untuk kebaikan bangsa.

"Kamu ini adalah orang Indonesia yang beragama Islam, bukan umat Islam yang menjadi wisatawan. Maksudnya, bukan orang Islam yang sedang berada di Indonesia, sehingga bisa lepas tanggung jawab ketika negara sedang dalam kesulitan. Itulah bahasa sederhana yang mudah dipahami," ujar Khofifah.

Selain itu, Khofifah menyampaikan Hasyim Muzadi juga mengajarkan agar sesama umat manusia harus saling menghormati. Kelompok mayoritas harus melindungi kelompok minoritas.

Sebaliknya, kelompok minoritas harus menghormati kelompok mayoritas. "Konsepnya sangat sederhana dalam konteks hubungan agama dan negara," ujar Khofifah mengenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini