Sukses

Pesan Hasyim Muzadi kepada Mensos Khofifah

Mensos Khofifah menyampaikan duka cita yang mendalam dan kehilangan atas wafatnya KH Hasyim Muzadi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa masih ingat pesan Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi, agar ia selalu mengingat dirinya sebagai bagian dari NU.

"Pada satu bulan terakhir pesan-pesan beliau sangat berat, yaitu jangan lupa akarmu. Akarmu itu ya NU," ujar Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU di rumah duka di kompleks Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3/2017).

Khofifah kembali mengingat pesan Hasyim Muzadi yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), bahwa NU mengajarkan persaudaraan dalam konsep ukhuwah islamiah atau persaudaraan sesama umat Islam.

Hasyim Muzadi, kata Mensos, juga mengajarkan ukhuwah wathoniah (persaudaraan kebangsaan), ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia) dan ukhuwah nahdliyah (persaudaraan sesama warga NU).

"Jika saling bersaudara akan terwujud harmoni dan jika ada harmoni akan teguh NKRI," ujar Khofifah, mengenang kata-kata Hasyim Muzadi itu.

Hasyim Muzadi, menurut Khafifah, selalu menekankan agar membawa Islam sebagai penyemai damai dan kasih. Kiai Hasyim juga senantiasa menyampaikan tentang menyelaraskan hubungan antara agama dan negara.

Khofifah menyampaikan duka cita yang mendalam dan kehilangannya atas wafatnya tokoh nasional tersebut hari ini pada pukul 06.15 WIB.

"Indonesia sangat berduka kehilangan beliau. Mari kita doakan beliau khusnul khotimah dan seluruh pikiran-pikiran beliau, untuk membumikan Islam sebagai penyemai kasih dan penyemai damai bisa dilanjutkan oleh kita semua," ungkap Khofifah seperti dilansir Antara.

Anggota Wantimpres KH Hasyim Muzadi lahir di Tuban, Jawa Timur, pada 8 Agustus 1944. Hasyim Muzadi wafat di usia 73 tahun di kediamannya kompleks Ponpes Al Hikam, Malang, Jawa Timur. Ia sempat menjalani perawatan intensif di RS Lavalette, Malang, Jawa Timur.

Jenazah KH Hasyim Muzadi diterbangkan dari Malang menuju Jakarta, Kamis siang, dan akan dimakamkan di kompleks Ponpes Al Hikam, Beji, Depok, Jawa Barat, usai salat Jumat besok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini