Sukses

Begini Suasana Salat Jenazah KH Hasyim Muzadi di Malang

Setelah menjalani proses pengafanan, jenazah KH Hasyim Muzadi kemudian disalatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), KH Hasyim Muzadi meninggal dunia di Malang, Jawa Timur. Setelah menjalani proses pengurusan, jenazah mantan Ketua Umum PBNU itu kemudian disalatkan.

Menurut seorang jemaah, Haqqy Mahfudz, salat jenazah tokoh NU tersebut berlangsung di Masjid lingkungan Pesantren Al Hikam, Jalan Cengger Ayam, Malang, Jawa Timur. Ratusan orang hadir untuk mengikuti salat jenazah tersebut.

"Tadi disalatkan di masjid. Ada sekitar 900 jemaah. Mereka berasal dari santri, warga, Wali Kota Malang Mochamad Anton, ada muspida, petinggi Polres Malang Kota," ujar dia kepada Liputan6.com saat dihubungi dari Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Para jemaah berkumandang dengan khusyuk memanjatkan doa untuk tokoh Nahdlatul Ulama itu. Suara tahlil berkumandang saat jemaah menyalati jenazah KH Hasyim Muzadi.

Suasana salat jenazah KH Hasyim Muzadi di Masjid komplek Pondok Pesantren Al Hikam (Foto:Haqi)

Proses salat jenazah KH Hasyim Muzadi berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB. Salat dipimpin oleh seorang kiai dari Pondok Annur, Malang.

"Bukan dari santri atau keluarga, imamnya dari kiai Pondok Annur, Bululawang, Malang," kata dia.

Jemaah tengah menunggu salat jenazah KH Hasyim Muzadi di Pesantren Al Hikam Malang. (Foto: Haqi)

Rencananya, jenazah KH Hasyim Muzadi akan diterbangkan ke Jakarta sekitar pukul 12.00 WIB. Selanjutnya jenazah dimakamkan di Pesantren Al Hikam Depok. Wakil Presiden JK dijadwalkan akan memimpin pemakaman sang kiai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.