Sukses

Santri Al-Hikam Depok Tunggu Kedatangan Jenazah KH Hasyim Muzadi

Rencananya, Wapres Jusuf Kalla yang akan memimpin upacara pemakaman almarhum KH Hasyim Muzadi di Depok, Jawa Barat.

Liputan6.com, Depok - Mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi meninggal dunia di Malang, Jawa Timur pagi tadi pukul 06.15 WIB. Jenazahnya akan dimakamkan di Pesantren Al-Hikam, Depok, Jawa Barat.

Di pesantren Al-Hikam, Depok, sejumlah santri mulai menunggu kedatangan jenazah KH Hasyim Muzadi yang akan diterbangkan dari Malang usai salat zuhur.

Imam, (21) salah satu santri di pesantren tersebut mengatakan, ia mendapat kabar KH Hasyim Muzadi meninggal dunia pada usia 73 tahun itu sekitar pukul 06.30 WIB.

"Dapat kabar dari anaknya (Hasyim Muzadi) bernama ustaz Yusron Sidqi," ucap Imam kepada Liputan6.com, Kamis (16/3/2017).

Imam belajar di pesantren Al-Hikam yang beralamat di Jalan Haji Amat, Kukusan, Beji, Depok sejak 2013. Mahasiswa Universitas Indonesia yang berasal dari Bangka Belitung tersebut menuturkan, KH Hasyim Muzadi yang dipanggil abah oleh para santrinya sakit sejak Januari 2017.

"Kaget, sedih saya tinggal sama abah," ujar Imam.

Sementara itu, rencananya, Wapres Jusuf Kalla yang akan memimpin upacara pemakaman almarhum Hasyim Muzadi di Depok, Jawa Barat.

Kiai Hasyim Muzadi, lahir di Bangilan, Tuban pada 8 Agustus 1944 merupakan tokoh Islam Indonesia. Ia pernah menjabat ketua umum Nahdlatul Ulama 1999–2010 menggantikan posisi Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

KH Hasyim Muzadi dikenal sebagai sosok kiai yang memosisikan dirinya sebagai seorang pemimpin. Selain sebagai ulama, sosok Hasyim dikenal nasionalis dan pluralis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini