Sukses

Habib Luthfi Pekalongan: Mari Mencontoh Dakwah Wali Songo

Habib Luthfi mengajak semua masyarakat untuk membangkitkan kembali rasa persaudaraan agar negara solid

Liputan6.com, Jakarta Rais Am Jamiyah Ahlu Thariqah al Mu'tabarah an Nahdiyah Habib Muhammad Luthfi bin Yahya mengajak pemuka agama Islam untuk mencontoh cara wali songo dalam mendakwahkan Islam. Menurut dia, wali songo kala itu sukses mensyiarkan Islam karena memiliki cara yang baik.

"Kita banyak berkiblat ke beliau dengan dasar keberhasilan mensyiarkan Islam di Indonesia. Karena beliau bisa masuk dengan damai. Pasti senjata yang paling ampuh yang beliau amalkan adalah karena beliau bercermin dan berpegang nilai akhlak karimah, adab, sebagaimana baginda nabi memberikan tuntunan contoh untuk umatnya," ujar Habib Luthfi di Pekalongan, Rabu (15/3/2017).

Dia menambahkan, dalam menebarkan nilai kebaikan, para dai tidak boleh berhenti dalam situasi dan keadaan apapun. Karena itu merupakan bagian dari kewajibannya.

"Itu tugas setiap ulama untuk menyampaikan apa yang diajarkan oleh baginda Nabi SAW. Menjadikan perekat, tuntunan bukan tontonan, memberikan contoh dan budi pekerti yang luhur. Itu di antaranya yang kita pegang," ujar dia.

Habib Luthfi juga mengajak semua masyarakat untuk membangkitkan kembali ukhuwah Islamiyyah (persaudaraan). Dengan persaudaraan yang erat, akan membuat negara ini semakin solid guna menjawab tantangannya di segala lini.

"Malu rasanya kalau kami tidak bisa meneruskan apa yang dicita-citakan para pejuang," ujar dia.

"Mari kita tunjukkan kembali dari yang sudah ada untuk lebih kuat lagi kecintaan kita. Kita bisa membangun ukhuwah sehingga dapat tercapai baldatun thayyibatun warabbun ghafur (negeri yang baik yang penuh dengan ampunan Allah)," jelas Habib Luthfi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.