Sukses

Mendagri Ajak Kepala Daerah Bersatu Tangani Konflik Sosial

Tjahjo Kumolo mengatakan, minimal ada solusi dalam penanganan konflik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memimpin rapat koordinasi nasional dengan tema optimalisasi koordinasi tim terpadu penanganan konflik sosial 2017. Rapat ini diikuti kepala daerah dari seluruh wilayah Indonesia.

Tjahjo mengatakan, rapat ini ditujukan dalam upaya stabilitas nasional yang didukung tiap komponen di daerah.

"Forum ini untuk menyamakan persepsi antara kepala daerah, ada aparat kepolisian, TNI, Kamtibmas kepolisian, ini harus terpadu di tiap daerah dan juga melibatkan tokoh masyarakat serta agama," kata Tjahjo dalam rapat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (15/3/2017).

Tjahjo berharap, dari forum ini ke depannya akan ada solusi yang memahami bagaimana posisi tugas dan tanggung jawab setiap daerah, serta dapat memahami pentingnya deteksi dini dari badan-badan intelijen tiap institusi.

"Minimal ada solusi dalam penanganan dalam konflik dengan deteksi dini. Itu yang paling aman," tutur Tjahjo.

Rapat koordinasi ini adalah kelanjutan dari usaha pemerintah dalam mencanangkan pembentukan Dewan Kerukunan Nasional (DKN). Lembaga ini dibentuk guna menangani konflik horizontal dan vertikal di masyarakat.

Dewan Kerukunan Nasional ini nantinya akan memfasilitasi dan menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat tidak menggunakan jalur hukum, tapi dengan cara musyawarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.