Sukses

Setjen DPR Beri Pemahaman pada TA dan SA Anggota DPR

Liputan6.com, Jakarta - Plt Sekretariat Jenderal DPR RI Achmad Djuned dalam acara orientasi Tenaga Ahli (TA) dan Staf Administrasi (SA) memberikan pemahaman terkait sistem administarasi Anggota DPR yang harus dilakukan Tenaga TA dan SA Sekjen DPR. Beberapa proses dipaparkan guna memberikan pemaham agar TA dan SA dapat mendukung kinerja dewan.

“Acara ini dibuat untuk bertukar pikiran sehingga bisa diimplementasikan dalam tugas sebagaimana TA dan SA nantinya dalam mendukung kelancaran tugas administrasi dan persidangan Anggota DPR. Antara lain untuk menyusun analisis berkaitan dengan fungsi DPR di bidang legislasi, anggaran dan pengawasan,” kata Djuned sapaan akrabnya di Gedung KK V Nusantara II, DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/03/2017).

Dalam kesempatan tersebut Djuned mengatakan bahwa tugas TA dan SA anggota DPR diatur dalam Peraturan Presiden nomor 27 tahun 2015 tentang wewenang dan tugas DPR di bidang administrasi dan persidangan serta dalam tata tertib DPR tentang pengelolaan TA dan SA anggota DPR.

Hal senada juga disampaikan Deputi Bidang Persidangan Damayanti yang menjelaskan peran TA dan SA sebagai pendukung parlemen modern, yaitu dengan mengurus segala administrasi serta mencatat aspirasi masyarakat ketika mengunjungi dapil untuk dibahas di DPR.

“Saya minta pertanggungjawabannya setiap kegiatan anggota baik laporan yang disusun TA dan administasi keuangan, agar anggota nyaman dalam bekerja. Setiap anggota punya sub web, saya harap temen-teman bisa mengupdate setiap kegiatan yang dilakukan saat kunjungan ke Dapil, agar konstituennya tahu, bisa juga teman-teman kirim ke Biro Pemberitaan untuk di publish di website DPR,”kata Maya sapaan akrabnya.

Lebih lanjut Maya mengatakan, nantinya akan dibentuk rumah aspirasi guna menyerap, menghimpun dan menampung setiap permasalahan yang dialami konstituennya. “Rumah aspirasi ini nanti akan dioperasionalkan oleh satu SA dan TA anggota di daerah supaya masyarakat bisa mengadu ke rumah aspirasi itu. Karena tidak semua daerah sudah maju,” katanya.

Acara yang diikuti 140 TA dan SA ini pun diisi sesi tanya jawab dan diapresiasi atas kelanacaran kegiatan ini. Diharapkan seusai acara ini, TA mampu lebih berkontribusi dalam meningkatkan kinerja dewan.

(*)

Artikel Selanjutnya
Menanti Jamuan Jokowi untuk Obama
Artikel Selanjutnya
Polisi Khawatir Takbir Keliling Ditunggangi Teroris