Sukses

PBNU Gelar Pertemuan 99 Kiai Khos di Rembang Jateng

PBNU mengungkapkan acara ini sebagai majelis silaturahim dalam upaya menghadapi tantangan global.

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar acara silaturahim nasional ulama Nusantara. Acara yang digelar di Pondok Pesantren Al Anwar, Rembang, Jawa Tengah, akan berlangsung pada Kamis 16 Maret 2017.

Menurut seorang panitia, D Suyuthi, acara ini sebagai majelis silaturahim dalam upaya menghadapi tantangan global. Selain itu juga sebagai upaya menjawab harapan serta peluang Islam Nusantara yang merupakan pilar peradaban dunia.

"Acara ini merupakan pertemuan kiai sepuh. Karena kiai sepuh tidak semua masuk dalam struktural NU. (Namun) basis keumatan NU di pesantren, ya kiai sepuh ini. PBNU memandang perlu meminta pandangan dan petuah dari para kiai sepuh tersebut," kata Suyuthi saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Dalam acara itu, kata dia, sejumlah permasalahan akan dibahas. Termasuk masalah aktual yang dialami Indonesia. "Seperti peluang Islam menjadi harapan pilar peradaban dunia. Indonesia dengan kebinekaan dilirik oleh negara barat," uca dia.

Suyuthi menegaskan, tak ada pejabat yang diundang dalam acara tersebut. Semua hadirin murni berasal dari para kiai yang memiliki kriteria khusus.

"Yang kita undang kiai sepuh yang tingkat kealiman dan kezuhudannya tinggi serta tidak bermain politik. Kiai itu yang membina dan mengurus pesantren," jelas dia.

Terkait dengan persiapan acara, dia mengaku berjalan tanpa hambatan. Semua pihak telah bergerak, termasuk dari PCNU dan panitia lokal.

"Acara akan dihadiri 99 kiai khos dan sesepuh NU. Kalau undangan resmi ada 130 yang merepresentasikan Indonesia," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini