Sukses

Banjir Merendam Sejumlah Daerah

Hujan deras yang terus mengguyur membuat wilayah di Lampung Selatan, Kotawaringin Timur, dan Pasuruan terendam banjir.

Liputan6.com, Lampung: Hujan deras yang terus mengguyur sejumlah daerah membawa sejumlah akibat. Di Lampung Selatan, Lampung, misalnya, sawah dan rumah warga terendam banjir, Rabu (28/7). Banjir terjadi akibat hujan deras yang membuat tanggul meluap dan menggenangi sedikitnya 200 hektare sawah. Padi yang baru berumur satu-dua bulan dipastikan akan mati karena batangnya terendam air. Banjir juga merendam ratusan rumah warga dengan ketinggian air di sejumlah tempat mencapai lebih dari satu meter.

Banjir juga merendam Kotawaringin Timur di Kalimantan Tengah selama sepekan ini. Ketinggian air belum juga surut dan merendam ratusan rumah warga. Untuk beraktivitas sehari-hari, warga harus menggunakan perahu kecil karena seluruh jalan masih terendam banjir setinggi satu meter. Puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi seperti balai desa setempat. Masih tingginya curah hujan di hulu membuat banjir ini diperkirakan masih akan berlangsung beberapa hari ke depan.

Ratusan rumah di Pasuruan, Jawa Timur, juga terendam. Aktivitas warga hingga kini masih terganggu karena genangan air merendam jalanan desa. Di beberapa tempat warga sibuk membersihkan rumahnya dari sisa genangan air yang bercampur lumpur. Mereka memilih tidak mengungsi dan menjaga rumahnya dari pencurian. Jalur Pantura yang menghubungkan Pasuruan dan Surabaya belum pulih dari kemacetan. Ini disebabkan karena ketinggian air di ruas jalan itu mencapai 50 sentimeter yang membuat kendaran sulit melintas.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.