Sukses

Gempa Goyang Sumut 3 Kali Berturut-turut Selama Sehari

Menurut Syahnan, sebelumnya pada Minggu siang gempa juga terjadi dua kali di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumut.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan menyatakan terjadinya gempa tiga kali berturut-turut, sejak Minggu 12 Maret pada siang hingga malam.

Gempa terakhir berkekuatan 3,4 Skala Richter (SR) mengguncang Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara pada Minggu 12 Maret sekitar pukul 22.42 WIB.

"Gempa di laut, 73 kilometer barat laut Madina, Sumut itu berkedalaman 10 kilometer," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan dalam pesan singkatnya di Medan, seperti dilansir Antara, Senin (13/3/2017).

Menurut Syahnan, sebelumnya pada Minggu siang gempa juga terjadi dua kali di Tarutung, Tapanuli Utara. Gempa tersebut mengguncang pada pukul 12.48 WIB dengan kekuatan 4,5 SR dan kedalaman 128 kilometer di bawah laut.

Syahnan menjelaskan gempa tersebut terjadi akibat aktivitas penyusupan (subduksi) lempeng samudra, yang berada di bawah Pulau Sumatera dengan episenter 1,91 Lintang Utara (LU) - 99,04 Bujur Timur (BT), atau berjarak sekitar 16 kilometer barat daya Tarutung.

Namun, Syahnan menambahkan, gempa Sumut tersebut tidak dirasakan warga, karena kekuatannya kecil dengan kedalaman gempa menengah. Gempa kali ini juga tidak berpotensi terjadinya tsunami dan kerusakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.