Sukses

Menag Resmikan Pemajangan Kiswah Hadiah Raja Salman di Istiqlal

Potongan kiswah hadiah dari Raja Salman tersebut diletakkan persis di tengah-tengah dekat mimbar imam Masjid Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan pemajangan potongan kiswah atau kain penutup Kakbah di Masjid Istiqlal. Potongan kiswah tersebut merupakan hadiah dari pemimpin Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz al Saud.

"Hari ini kita bersyukur karena kita bersama-sama saksikan pengukuhan atau peresmian pemasangan kiswah hadiah daripada Raja Salman kepada umat Muslim di Indonesia," ujar Lukman di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Lukman menyebut, ada lima hal istimewa dari pemasangan Kiswah Kakbah di Masjid Istiqlal hari ini.

"Pertama, yang akan kita resmikan adalah pemasangan ayat suci Alquran. Tentu kita sangat tahu ayat suci adalah acuan, panduan, pedoman kita bersama bagi umat Islam dalam menjalani kehidupannya dan ayat suci Al Baqarah ayat 125 inilah yang nanti kita akan resmikan," ucap dia.

Kedua, kiswah memiliki nilai yang sangat luar biasa karena merupakan pelindung dan penutup kakbah. Ketiga, ayat Alquran dalam bentuk kiswah ini didatangkan langsung oleh seorang raja yang merupakan hadiah bagi umat Islam di Indonesia dan dibawa langsung oleh Raja Salman.

"Hadiah ini dibawa langsung oleh seorang raja, tentu ini keistimewaan selanjutnya," tutur Lukman.

Menag Lukman Hakim Saifuddin menandatangani peresmian pemajangan Kiswah (kain penutup Kakbah) hadiah dari Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (10/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Keempat, kiswah ini merupakan hadiah yang ditujukan bagi seluruh umat Muslim Indonesia. Sebagai wakil dari umat Muslim Indonesia, Masjid Istiqlal dipilih sebagai tempat untuk melestarikan.

"Yang kelima untuk kita keistimewaannya adalah oleh badan pelaksana pengelola Masjid Istiqlal, hadiah istimewa ini ditempatkan pada tempat yang juga istimewa, tempat yang oleh semua kita dengan mudah bisa melihatnya," Lukman menandaskan.

Pantauan Liputan6.com, usai memberikan sambutan, Lukman menandatangani Piagam Peresmian Pemajangan Kiswah Kakbah di Masjid Istiqlal. Hadir pula Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Muhammad Muzammil Basyuni‎ dan Wakil Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia.

Ayat Alquran dalam bentuk kiswah tersebut diletakkan persis di tengah-tengah dekat mimbar imam masjid, di bawah lafaz nama Allah dan Rasulullah Muhammad SAW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini