Sukses

Plt Gubernur DKI Tinjau Pembersihan Gorong-Gorong

Plt Gubernur DKI Jakarta meninjau langsung pembersihan gorong-gorong oleh pasukan biru.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengunjungi deretan gorong-gorong saluran air di Jalan Gatot Subroto, Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Saat menyambangi lokasi, Sumarsono langsung menyapa dan menanyai pekerja harian lepas (PHL) Dinas Tata Air DKI yang tengah berjibaku membersihkan gorong-gorong. Pasukan biru ini terlihat mengeluarkan endapan lumpur dari gorong-gorong.

"Sudah berapa jam di dalam, udah makan apa belum," kata Sumarsono, Jumat (10/3/2017).

Selanjutnya, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu menanyakan alat keselamatan kerja seperti sarung tangan ataupun masker kepada para petugas. Hal ini karena Sumarsono melihat para petugas saat membersihkan gorong-gorong tidak menggunakan masker dan sarung tangan.

"Risih pak," jawab salah seorang petugas.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan, Holi Susanto, mengatakan, pengerjaan pembersihan gorong-gorong sudah dilaksanakan sejak Jumat, 3 Maret 2017. Dia menyatakan tidak ditemukan sampah kabel di lokasi.

"Kalau di sini aman tidak ada penemuan kabel, tapi hanya pembersihan lumpur, bongkahan batu, karena di sini sering terjadi genangan air, meskipun cepat surut juga," ucap dia.

Holi menambahkan, dalam prosedur penyedotan air dilakukan terlebih dahulu sebelum pasukan biru terjun langsung ke dalam gorong-gorong.

"Penyedotan ini dilakukan agar kita mengetahui apa isi di dalam gorong-gorong. Kita tidak tahu ada ular atau yang lainnya, kalau untuk lebar gorong-gorong sendiri berukuran 1,5 meter," pungkas Holi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.