Sukses

Mantan Mendagri Mohammad Ma'ruf Wafat, Dimakamkan di TMP Kalibata

Rencananya mantan Mendagri Mohammad Ma'ruf akan dimakamkan setelah salat Jumat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Kabinet Bersatu Jilid I era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Letnan Jenderal TNI (Purn) Mohammad Ma'ruf meninggal dunia. Dia mengembuskan napas terakhir pada usia 75 tahun.

Menurut Mendagri Tjahjo Kumolo, almarhum wafat pada Jumat (10/3/2017) pukul 00.00 WIB. Dia menuturkan kabar ini diterimanya dari mantan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi.

"Telah berpulang ke rahmatullah, mantan Mendagri Kabinet Indonesia Bersatu I, Bapak Ma'ruf, jam 12 malam," ucap Tjahjo saat dikonfirmasi.

Mohammad Ma'ruf meninggal di Rumah Sakit Advent, Bandung, Jawa Barat. Jenazah disemayamkan di Jalan Parakan Arum Nomor 21, Bandung. Rencananya, almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

"Sedang dicek jam berapa akan dimakamkan. Tapi saya akan hadir di pemakamannya," kata Tjahjo.

Humas Kementerian Dalam Negeri Dodi Riatmadji menambahkan, rencananya almarhum akan dimakamkan setelah salat Jumat.

"Saya kira setelah salat Jumat," kata Dodi. Dia menambahkan, Mendagri Tjahjo akan mewakili pemerintah dalam prosesi pemakaman Ma'ruf.

Sejak tanggal 30 Maret 2007, M Ma'ruf dirawat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita akibat serangan jantung dan stroke. Pada 13 April 2007, tim dokter memindahkan perawatannya ke RSPAD untuk rehabilitasi fisioterapi.

Akibat sakit dan harus menjalani perawatan, tugas-tugas Mendagri saat itu untuk sementara ditangani oleh Widodo Adi Sutjipto sebagai Mendagri ad interim sejak 2 April 2007. Pada tanggal 27 Agustus 2007, Presiden SBY akhirnya menunjuk Mardiyanto sebagai Mendagri pengganti Mohammad Ma'ruf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.