Sukses

Ikuti Adegan Film, 2 Pemuda Nekat Menyusup Pesawat di Soetta

Motif mereka menyusup untuk menaiki pesawat dengan tujuan Singapura.

Liputan6.com, Tangerang - Dua pemuda, Andreas (20) dan Rendiansyah (17) nekat ingin pergi ke Singapura dengan cara menyusup di ruang ban pesawat. Aksi tersebut dilakukan keduanya dengan cara memanjat pagar parimeter dan masuk ke apron Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Kota Tangerang, Rabu 8 Maret 2017.

Aksi ekstrem keduanya digagalkan oleh petugas Aviation Security (Avsec) setempat. Petugas berhasil mengamankan mereka di area apron Bandara Soetta. Humas Bandara Soekarno-Hatta Dewandono Prasetyo menjelaskan kedua pelaku menyusup melalui pagar parimeter.

Mereka masuk dengan cara menerobos lewat bawah pagar secara pergantian dan mengendap-endap pada Selasa 7 Maret 2017. Kemudian bersembunyi di kontainer Turkish Airlines dan keberadaan yang bersangkutan diketahui oleh security PT CAS pada Rabu malam, 8 Maret 2017.

Dan saat diinterogasi, mereka mengaku sebagai penumpang tujuan Singapura yang tertinggal, lalu keduanya dibawa ke Posko AP II untuk diamankan. Setelah dimintai keterangan lebih lanjut, akhirnya mereka pun mengakui perbuatannya itu.

"Motif mereka menyusup untuk menaiki pesawat dengan tujuan Singapura. Pengakuannya sih mau jalan-jalan ke Singapura," ujar Prasetyo.

"Mereka rencananya terbang melalui ban pesawat," imbuh dia Kamis 9 Maret 2017.

Dia mengatakan, rencana menyusup pesawat tersebut terinspirasi dari salah satu film. Namun mereka tak mengingat judul film yang ditontonnya itu. "Kami masih melakukan interogasi dan pendalam lebih lanjut," ujar Prasetyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini