Sukses

Cerita di Balik Terwujudnya Pertemuan Jokowi dan SBY

Kesepakatan pertemuan antara Jokowi dan SBY rupanya hanya membutuhkan waktu dua hari.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi akhirnya bertemu dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka, Jakarta. Momen ini sudah ditunggu bahkan sejak ramai unjuk rasa 11 November 2016.

Kesepakatan pertemuan keduanya rupanya hanya membutuhkan waktu dua hari. Saat hari terakhir penyelenggaraan IORA Leader Summit 2017, Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan secara khusus menghubungi Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Saat tanggal 7 Maret Pak Hinca Sekjen Demokrat hubungi Mensesneg yang waktu itu sedang mengurusi IORA," kata Kepala Biro Pers Media dan Informasi Bey Machmudin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Hinca saat itu menyampaikan Ketua Umum Partai Demokrat ingin bersilaturrahmi dengan Presiden Jokowi. Hal itu kemudian disampaikan kepada Presiden dan disepakati pertemuan dilaksanakan kemarin.

"Pak Hinca menyampaikan bahwa Pak SBY ingin bersilaturahmi. Baru diatur," imbuh Bey.

Sebelumnya, Jokowi membantah pertemuan ini dilakukan secara mendadak. Dia menilai, pertemuan ini sudah lama dirancang. Tapi, Jokowi dengan SBY tidak kunjung memiliki waktu senggang.

"Ya direncanakan tapi kan kadang saya ada waktu Pak SBY kan waktu enggak ada. Beliau ada (waktu), saya pas barengan acara. Sekarang waktunya sekarang," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • SBY

Video Terkini