Sukses

Jokowi Lantik Nurhajizah Jadi Wagub Sumut

Pelantikan dilanjutkan dengan pembacaan sumpah. Nurhajizah mendatangani berita acara pelantikan diikuti oleh Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Brigjen TNI (purn) Nurhajizah Marpaung sebagai Wakil Gubernur Sumatera Utara. Nurhajizah menggantikan Tengku Ery Nuradi yang menjabat sebagai gubernur menggantikan Gatot Pudjo Nugroho yang tersangkut kasus korupsi.

Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara. Nurhajizah dilantik berdasarkan Keputusan Presiden No.142P/2016 tentang Pengangkatan Wakil Gubernur Sumatera Utara sisa masa jabatan 2013-2018. Keputusan ini mulai berlaku setelah pelantikan.

"Sebelum mengucapkan sumpah terlebih dahulu saya akan bertanya, apakah beragama Islam? Bersediakah mengucapkan sumpah dengan cara Islam," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/3/2017).

"Siap bersedia," sahut Nurhajizah.

"Apabila bersedia silakan ikuti kata-kata saya," lanjut Jokowi.

Pelantikan dilanjutkan dengan pembacaan sumpah oleh Nurhajizah. Nurhajizah mendatangani berita acara pelantikan diikuti oleh Jokowi.

Nurhajizah merupakan purnawirawan jenderal bintang satu TNI AD. Wanita kelahiran Asahan, Sumatera Utara itu bertugas sejak 1985-2014. Selepas itu, Nurhajizah bergabung dengan Partai Hanura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini