Sukses

Batok Kelapa Kering Bernilai Jutaan Rupiah

Jangan anggap remeh potensi dari buah kelapa atau batok kelapa kering. Jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka limbah dari pohon kelapa ini bisa menghasilkan jutaan rupiah.

Liputan6.com, Subang: Buah kelapa atau batok kelapa kering sepintas hanya berupa limbah atau sampah yang mungkin tidak berarti apa-apa. Namun, di tangan kreatif Dede Fauzi, warga Subang, Jawa Barat, limbah ini bisa berganti rupa menjadi karya seni artistik bernilai jutaan rupiah. Bahkan, dia bisa menghasilkan Rp 3 juta per bulan dengan menyulap batok kelapa menjadi berbagai macam aksesoris atau hiasan-hiasan unik.

Ketika ditemui baru-baru ini, Dede tampak membuat batok kelapa menjadi gantungan kunci. Ada yang menyerupai wajah orang, miniatur binatang, atau lampu hias. Dengan sentuhan seni yang halus, kerajinan dari limbah buah kelapa terlihat sangat artistik dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Awalnya, Dede menggeluti seni ini dari keisengannya saat tidak memiliki uang. Saat itu dia tidak sengaja melihat tumpukan batok kelapa. Batok-batok kelapa tersebut kemudian dibuat sebuah bentuk kerajinan. Namun, tak disangka, ada pembeli yang tertarik dengan kerajinan yang dibuat Dede. Sejak saat itulah, Dede mulai serius membuat kerajinan dengan bentuk yang menarik dan unik.

Limbah buah kelapa memang memiliki beberapa keunggulan, seperti memiliki tekstur yang keras dan berserat. Untuk mengolah batok-batok kelapa ini, Dede membutuhkan pisau kecil dan amplas. Agar terlihat artistik, serat dari buah kelapa harus ditonjolkan. Sebab, nilai seni yang kuat terdapat di serat. Untuk satu jenis kerajinan, Dede mematok harga antara 15 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenis dan bentuknya. Dede menjamin kerajinan yang dibuatnya pasti tidak akan mengecewakan para konsumen.(CHR/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.