Sukses

Afrika Selatan Beri Gelar Pahlawan untuk Sukarno dan Syeikh Yusuf

Bukan saja gelar pahlawan, sebuah kota di Afsel diberi nama Kampung Makassar karena pengaruh dari Syekh Yusuf.

Liputan6.com, Jakarta - Afrika Selatan memberikan gelar pahlawan kepada dua tokoh dari Republik Indonesia. Keduanya adalah Presiden pertama Sukarno dan Syekh Yusuf.

Hal tersebut disampaikan Presiden ke-5 RI Megawati Sukarnoputri usai bertemu Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, di Kediaman Megawati di Jalan Tengku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (8/3/2017).

"Yang merupakan sebuah kehormatan dari negara Afrika Selatan adalah telah memberikan kepada dua orang Indonesia menjadi pahlawan negarannya, yaitu satu adalah Presiden pertama Soekarno dan satu lagi adalah Syekh Yusuf," kata Megawati.

Syekh Yusuf, kata Mega, adalah seorang pejuang dari Gowa, Sulawesi Selatan. Dia merupakan karena dianggap melawan Belanda saat itu. Syekh Yusuf lalu dibuang ke beberapa negara dan terakhir di Afrika Selatan.

Syekh Yusuf wafat di Afrika Selatan. Pengikut ajarannya kala itu tidak sedikit. Tanah kelahirannya dijadikan nama sebuah kampung di Afrika Selatan.

"Di sana ada kampung yang bernama Kampung Makassar," ujar Mega.

Bagi Mega, pertemuannya dengan petinggi Afrika Selatan bukan kali pertama berlangsung. Saat dirinya menjabat presiden, Mega sudah bertemu dengan Presiden Mandela.

Menurut Mega, pertemuan kali ini adalah untuk mempererat hubungan antarkedua negara. Mega berharap dari pertemuan kedua negara akan berlanjut kerja sama antarpemerintah kedua negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini