Sukses

Jokowi Sambut Presiden Sri Lanka di Istana

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima Presiden Sri Lanka Maitrapala Sirisena di Istana Merdeka, Jakarta. Kunjungan kali ini menandakan diplomasi kedua negara yang memasuki usia ke-65.

Maitrapala disambut dengan upacara penghormatan. Dia diarak dengan drumband, pasukan berkuda, dan pasukan Nusantara dari Monas menuju ke Istana.

Setibanya di Istana, Rabu (8/3/2017), ratusan siswa SD berpakaian adat mengibarkan bendera Indonesia dan Sri Lanka seraya menyambut kedatangan Maitrapala. Jokowi yang mengenakan setelah jas biru tua itu menyambut Maitrapala di depan pintu mobil.

Keduanya kemudian mengikuti upacara kenegaraan. Lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan berbarengan dengan dentuman meriam 21 kali. Setelah itu, keduanya memeriksa pasukan.

Jokowi dan Maitrapala masuk ke Istana Merdeka menuju beranda Istana. Keduanya lantas melakukan bincang-bincang di beranda sambil minum teh bersama.

Dalam sambutan, Jokowi mengatakan, pertemuan ini merupakan momen penguatan kerja sama diplomatik. Tahun ini kedua negara terhitung sudah 65 tahun menjalin hubungan diplomatis.

"Tahun ini menandai 65 tahun diplomasi antara Indonesia dan Sri Lanka yang tentunya perlu kita rayakan. Bagi Indonesia, Sri Lanka merupakan sahabat dekat. Kita bersama-sama menggagas Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non Blok," kata Jokowi.

Artikel Selanjutnya
Jokowi Hadiri Perayaan 50 Tahun Pernikahan JK-Mufidah
Artikel Selanjutnya
Jokowi Sambut Sekjen Partai Komunis Vietnam di Istana Merdeka