Sukses

Pentolan Gafatar Musadeq Divonis 5 Tahun Kasus Penodaan Agama

Dalam kasus makar, pimpinan Gafatar Ahmad Musadeq dinyatakan tidak bersalah.

Liputan6.com, Jakarta Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur sepakat, ketiga terdakwa kasus penodaan agama dan makar yang merupakan mantan petinggi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar), Ahmad Musadeq, Mahful Muis Tumanurung, dan Andry Cahya, tidak bersalah dalam kasus makar.

"Dari seluruh saksi dan terdakwa tidak ada yang berbicara tentang menggulingkan pemerintah. Hanya bicara organisasi. Atas fakta tersebut tidak bisa disebut sebagai kejahatan makar," kata Ketua Majelis Hakim PN Jakarta Timur Muhamad Sirad dalam sidang pembacaan putusan di PN Jaktim, Selasa (7/3/2017).

Kendati, seperti dikutip dari Antara, ketiganya terbukti bersalah dalam kasus penodaan agama sebagaimana diatur dalam Pasal 156a huruf a KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 64 Ayat 1 KUHP.

Atas putusan tersebut, majelis hakim menjatuhkan vonis penjara lima tahun dipotong masa tahanan kepada Ahmad Musadeq alias Abdussalam dan Mahful Muis Tumanurung. Sementara, Andry Cahya dijatuhi vonis tiga tahun penjara dipotong masa tahanan.

Vonis hukuman ini lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum. Jaksa menuntut Ahmad Musadeq dan Mahful Muis dengan hukuman 12 tahun penjara atas kasus penodaan agama dan makar. Sementara, Andry Cahya yang merupakan putra Musadeq dituntut 10 tahun penjara.

Sidang yang berlangsung sejak pukul 14.00 hingga pukul 15.30 WIB itu terbuka untuk umum, dan dipimpin M Sirad, dibantu dua hakim anggota Arumningsih dan Hermawansyah.

Dalam kasus ini, Ahmad Musadeq berperan sebagai guru spiritual ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dan Negeri Karunia Tuhan Semesta Alam Nusantara. Andry Cahya sebagai Presiden Negeri Karunia Tuhan Semesta Alam Nusantara. Sementara, Mahful sebagai wakil presidennya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.