Sukses

Cara Pemkot Tangerang Beri Kenyamanan Siswi SMP di Sekolah

SMP di Tangerang diimbau menyediakan fasilitas yang memberikan kenyamanan untuk siswi sekolah.

Liputan6.com, Tangerang - Membuat siswi SMP nyaman saat di sekolah ternyata dirasa perlu mengingat pada usia SMP, para siswi tengah beradaptasi dalam masa pubertas. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang.

Tahun ini, Pemkot melalui Dinas Pendidikan akan menyediakan pembalut dan celana dalam wanita di tiap toilet sekolah untuk memfasilitasi siswi tingkat SMP yang tengah pada masa pubertas.

"One day service toilet untuk tingkat sekolah SMP swasta ataupun negeri. Jadi di dalam toilet ramah siswi ini akan disediakan pembalut dan celana dalam, supaya mereka tidak ribet dan bingung kalau butuh," ujar Kepala Bidang Pembinaan SMP Kota Tangerang, Jamaludin, Selasa (7/3/2017).

Sebab kata dia, terkadang siswi yang mengalami menstruasi di sekolah kerap kali merasa minder. Apalagi pada siswi SMP yang berada pada kisaran 12-15 tahun, pengalaman menstruasi merupakan hal baru.

"Mereka malu kalau lagi mens sampai bocor. Maka jika itu terjadi, tugas kami di sekolah harus mengantisipasinya," tutur Jamaludin.

Untuk itu, pihak sekolah harus menyediakan rak kecil di dalam toilet ramah siswi ini. Nantinya rak-rak itu akan disiapkan pembalut dan juga celana dalam untuk siswi. Saat ini langkah tersebut masih tahap sosialisasi dan penjajakan ke tiap sekolah untuk segera diberlakukan.

"Harus segera diberlakukan, nantinya akan jadi program wajib di tiap sekolah. Ini kan juga untuk kepentingan dan pro terhadap anak-anak perempuan, terutama perlindungan mereka di sekolah," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini